RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Sekarang Zamannya Kuliah Online Bro...

KULIAH ONLINE????

WHY NOT????

 

 

Hari gini ga bisa online?? Waduh, emang hidup dimana sih? He he… Emang ya kawan, sekarang ini internet sudah jadi kebutuhan primer, apalagi buat kita-kita yang menimba ilmu di sekolah atau kampus.

Menyoal dunia maya nih kawan, lembaga riset Nielsen punya data menarik. Hasil survei terbaru mereka mengungkap Indonesia termasuk negara pengguna gadget terbesar di Asia-Pasifik, setelah Singapura, Vietnam dan Malaysia. Kerennya lagi, sekitar 60 persen didominasi anak-anak muda dengan kisaran umur 15 tahun ke atas. Wow! :O


Hasil survei juga menunjukkan sekitar 49 persen dari mereka aktif membuka Facebook via gadget. Sementara situs musik 34 persen serta pendidikan dan karier 29 persen.

Kebutuhan bermain lewat gadget juga cukup tinggi. Terbukti ada sekitar 20 responden yang hobi nge-game pake gadget. Sedangkan 14 persen anak muda Indonesia senang membuka situs science and technology.

 Viraj Juthani, Direktur telecom Practice Nielsen Indonesia menegaskan seiring berjalannya waktu, Viraj yakin semakin banyak anak muda  di negeri ini yang keranjingan gadget.

Yang mesti diingat nih kawan, jangan sampai gadget justru membuat kita jadi ga pinter. Sebaliknya, dengan gadget kita harus makin smart, salah satunya dengan belajar aneka bidang studi secara online. Bener kan?? :D

Saat ini, belajar tak harus dilakukan dengan cara konvensional seperti serius membaca buku di eja, kuliah di ruang kelas, atau mencatat dengan cara kuno. Engga zaman lagi kan??

Namun sayang, harga gadget canggih sampai sekarang masih kurang bersahabat dengan kantong sebagian besar pelajar dan mahasiswa di Nusantara. Hanya sedikit saja mahasiswa yang sudah pakai iPad, tablet dan sejenisnya. Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa sama sekali menimba ilmu lewat dunia maya.


Zamannya Kuliah Virtual Bro…..


Pakar IT, Onno W. Purbo setuju kalau pelajar dan mahasiswa di seluruh Nusantara memaksimalkan penggunaan gadget untuk belajar. Bila perlu, kembangkan sistim perkuliahan virtual. Tak harus dilaksanakan universitas penyelenggara e-learning. “Mestinya semua kampus sudah mulai melek sistem ini. Jangan pakai gaya konvensional terus, bikin bosen,” tegasnya.

Betapa indahnya jika materi kuliah bisa diakses melalui video, email, web, blog, chatting, bahkan jejaring sosial macam Facebook atau Twitter. Faktanya, situs jejaring Facebook, menduduki peringkat tertinggi sebagai situs yang paling sering dikunjungi kawula muda. Hmm, bener juga ya…

“Lihat saja ke Facebook saya. Sambil main bisa belajar. Kuliah virtual yang enak itu seperti yang ada di Facebook saya. Santai dan orang bisa tanya apa saja,” katanya.

Dengan memanfaatkan situs jejaring sosial, siapa saja bisa dapat ilmu atau pengetahuan. “Tak perlu bikin server macam-maam. Pakai alat sederhana pun kuliah virtual bisa jalan,” kata Onno. Bahkan pengguna Twitter pun bisa mendapatkan “kultwit” alias kuliah Twitter mengenai banyak hal dari pakarnya.

Bagi Onno, kuliah virtual itu penekanannya ada pada kemauan seseorang untuk belajar, bukan pada tujuan akhir dari belajarnya. Objektifnya, kata dia, orang bisa pinter alias mendapat ilmu sebanyak-banyaknya. Tidak ada tujuan untuk cari ijazah atau sertifikat.

 Kabar baiknya, beberapa kampus sudah menerapkan program belajar e-learning. “Mestinya semua kampus sudah begitu, karena tren zaman memang tak terelakkan,” tandasnya.

Metode belajar online ala Onno memang sederhana, sesederhana saat kita bertanya kabar pada wall Facebook teman kita. Tidak harus butuh gadget mutakhir atau bandwith besar untuk bisa mendapatkan ilmu. Cukup niat dan kemauan saja.

Nah, kawan ternyata menimba ilmu lewat media nonline itu ga susah kan, ga perlu modal yang banyak atau mahal, cukup menggunakan peralatan gadget sederhana yang ada kita sudah bisa online. Hmm, asyik kan??
Oke, selamat mencari ilmu-lmu yang bermanfaat  di internet ya kawan.
Ingat! Gunakan internet dengan baik dan tepat, jangan disalahgunakan okee?? ^^


Sumber referensi: Majalah CAMPUS Vol. 1 no. 10, Januari 2012 hal. 16, dengan sedikit perubahan.

By: Halimah Rosyidah (D1810038)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar