RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

SEDEKAH ITU?????????????????????

APA MANFAAT SEDEKAH???????

Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya kita saling memberi, saling tolong menolong, dan saling berkomunikasi. Tidak mungkinkan kita selalu hidup dalam kesendirian. Pasti adanya ketergantungan dengan orang lain. Dan wujud ketergantungan yang simple yaitu kita membuka toko kelontong pasti kita mengharapkan yang namanya konsumen. Hal tersebut dikatakan ketergantungan dengan orang lain, karnma kita hidup bukan untuk sendiri dan tidak akan hidup sendiri. Kita ingin membangun rumah tidak mungkin juga kita yang membangunnya sendiri. Namun akan sangat membutuhkan seorang kuli bangunan untuk membangunkan rumah tersebut.
Dan semua tidak akan cukup hanya disitu saja. Kewajiban kita sebagai makhluk sosial yaitu saling memberi. Kegiatan yang satu ini memang tidak susah, namun kebanyakan dari orang memberi adalah tugas yang sangat sulit. Karena orang beranggapan saat memberi, harta kita akan terkurangi. Anggapan seperti itu haruslah cepat dihilangkan dari pikiran kita. Justru dalam Islam memberi adalah sebuah keharusan dan kewajiban kita untuk membantu sesama yang membutuhkan. Sebenarnya pikiran kita saja yang berkata rugi setelah memberi. Padahal dalam kenyataannya memberi akan mengantarkan kita pada eksistensi seorang manusia. Karena dengan memberi dan menolong orang, orang tersebut pasti akan slalu mengingat kebaikan kita dan hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk kedepannya. Orang tidak akan tau nasib kita kelak, bisa saja suatu saat nanti justru kita yang akan membutuhkan pertolongan dari orang lain. Selain mendapatkan eksistensi, kita juga akan mendapatkan pahala jika semua hal dilakukan dengan ikhlas tanpa paksaan. Dibawah ini adalah beberapa ayat Al Qur’an yang menjelaskan tentang anjuran bersedekah:

"Kamu sekalian tidak akan memperoleh kebaikan (pahala), kecual menafkahkan (memberikan) apa yang kalian cintai" (Q. S. Ali Imran (3): 92)
"Sesungguhnya shadaqah itu dapat memadamkan murka Allah dan dapat menolak cara mati yang buruk. " (H.R. Tirmidzi, lbnu Hibban, lbnu 'Adi, clan Baihaqi)
,,Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh? '. "
(Q.S. Al-Munafiqun (63): 10)
Dengan ayat-ayat tersebut sudah tidak ada keraguan lagi untuk kita memulai untuk bersedekah. Jadi ayo temen-temen semua mulai dari sekarang kita penuhi pundi-pundi amal kita dengan bersedekah contohnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar