RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Begadang Jangan Begadang

KEBIASAAN BEGADANG???


Kawan pasti pernah begadang kan?? Hmm, apapun alasannya hampir semua dari kita pernah begadang. Pernah mendadak merasa lemas atau nggak enak badan gara-gara kurang tidur?? Kondisi seperti ini memang wajar, soalnya tubuh yang produktif butuh istirahat cukup. Lamanya tidur dalam sehari penting banget diperhatiin buat kesehatan kita. Tidur bertujuan untuk memperbaiki kerusakan jaringan sel. Kalau kurang tidur bisa bikin jerawatan lho! (hati-hati nih buat cewek :D) Tidur juga dibutuhkan otak untuk mengorganisasikan informasi dan pengalaman yang dialami sepanjang hari.

Jadi jangan sering-sering begadang karena itu artinya kita menyepelekan yang namanya tidur cukup. Selain bikin kita gampang sakit, sering kurang tidur bisa bikin depresi, tubuh jadi “melar, dan rentan terserang penyakit serius. Wah, bahaya kan :O

Sebenarnya perlu tidur berapa lama sih?

Berbagai penelitian udah dilakukan tentang jam tidur yang sehat. Hasil data dari The National Sleep Foundation, Amerika Serikat, menyatakan kalau orang dewasa perlu mengalokasikan sekitar 7-9 jam untuk tidur. Tapi, ada juga riset yang berbeda pendapat. Menurut Daniel Kripke, direktur riset di Scripps Clinic Sleep Center di California, orang yang tidur 6,5 sampai 7,5 jam hidup paling lama, dan yang tidur lebih dari 8 jam atau kurang dari 6,5 jam lebih cepat meninggal. Wow! :O

Yaa... sebenarnya ilmuwan tidak dapat mengatakan dengan tepat berapa lama kebutuhan tidur setiap orang. Itu tergantung daya tahan tubuh. Yang jelas, cukup tidur dibutuhkan banget sama badan. Riset menunjukkan ada orang yang lahir sebagai “short sleepers” alami. Ini membuat mereka hanya membutuhkan 5 jam tidur setiap hari.

Buat kamu yang susah tidur, sebaiknya perut jangan dibiarkan kelaparan ataupun kekenyangan saat mau tidur. Pastiin tidur dalam keadaan tenang tanpa beban pikiran. Oh iya, segelas susu hangat bisa jadi pengantar supaya kita bisa tidur nyenyak lho! Coba buktikan sendiri :)

Tapi, jangan sampai kamu males-malesan dengan lebih banyak tidur daripada beraktivitas yaa. Justru tidur yang terlalu lama mengakibatkan tubuh kita menyerap atau mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor.

Mau tau rata-rata jam tidur anak-anak kampus kayak kita???
Hmm.. berikut ini hasil polling yang udah dilakukan oleh Campus Life tentang jam tidurnya anak kampus:

HASIL POLLING


1.    Berapa jam tidur dalam sehari?

30 % 8-9 jam/hari
45% 6-7 jam/hari
25% 4-5 jam/hari

2.   Apa alasan kurang tidur?

35% begadang (main games/ nonton DVD)
49% tugas
16% insomnia

3.   Bagaimana caranya agar bisa cepat tidur?

57% dengerin musik
26% mandi dan minum susu
17% baca buku

Nah, itu tadi hasil riset tentang kebiasaan tidur dan begadang yang biasa dilakukan oleh para mahasiswa. Kawan-kawan masih mau membiasakan begadang??
Hmm, kalo berdasarkan hasil riset diatas sebaiknya kebiasaan begadang atau tidur terlalu lama dihilangkan deh. Karena nggak baik buat kesehatan tubuh kita. Oke?? ^^

Sumber referensi: Majalah CAMPUS Vol. 1 no. 10, Januari 2012 hal. 16, dengan sedikit perubahan.

By: Halimah Rosyidah (D1810038)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar