RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Kisah PSM UNS Voca Erudita di Prancis

Voca Erudita
Goes to Prancis


Voca Erudita

Kawan tau kan grup Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sudah sangat terkenal, yap bener “VOCA ERUDITA”. Nah, kali ini aku mau nyeritain tentang perjalanan teman-teman Voca Erudita pentas ke Prancis. Wah! Hebat yaa Voca Erudita bisa pentas di negara maju seperti Prancis. Hmm, pasti seru nih… Ikuti perjalanan mereka yukk.. Berikut ini kisah perjalanan Voca Erudita yang dimuat di SOLOPOS 8 Juni 2012 hal. 12 yang aku baca beberapa waktu lalu:


Menara Eiffel
Perjalanan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) ke Prancis, 27 Mei-2 Juni, lalu meninggalkan kesan mendalam bagi para personelnya. Mengusung misi budaya dengan membawakan lagu-lagu daerah, Voca Erudita mendapat sambutan hangat di Negeri Menara Eiffel.
Ketua Voca Erudita, Karmelita Agni Ayu Pratiwi, mengaku surprised dengan kehangatan warga Prancis. Di negeri pimpinan Nicolas Sarkozy ini, imbuhnya, Voca Erudita tampil lima kali di tiga kota berbeda. “Kami tampil di La Rochelle, Mont Evray dan Bordeaux,” ucap perempuan yang akrab disapa Tiwi ini saat ditemui di UNS, Rabu (6/6) malam.

Sambutan hangat sudah mereka rasakan saat mengunjungi kota pertama, La Rochelle. Di kota pelabuhan tersebut, Voca Erudita berkolaborasi dengan paduan suara Aytre yang cukup terkenal di Prancis. Mereka bermain di balai desa yang menurut Tiwi lebih cocok disebut sebagai gedung teater. “Mereka sangat akrab. Meski baru pertama ke sana, kami merasa di rumah sendiri. Kami pun berkesempatan kolaborasi membawakan Sing All Together dan Sempurna,” tutur mahasiswi Jurusan Psikologi ini.

La Rochelle, Prancis
Kejadian unik terjadi saat Voca Erudita berjalan dari Paris menuju La Rochelle. Di tengah perjalanan, yakni di Mont Evray, pihaknya diminta tampil menghibur warga setempat. “Itu tidak direncanakan sebelumnya. Surprised sekali,” ujar Tiwi.

Di luar pentas, Voca Erudita pun menemui pengalaman menarik. Diungkapkan ketua tim pemberangkatan, Ardian Dika, personel Voca Erudita sering bertabrakan dengan warga saat berjalan kaki menyusuri kota. “Kendaraan kami saat di Prancis memang jalan kaki. Kebiasaan orang Indonesia kan jalan di sebelah kiri, lambat lagi. Beda dengan orang Prancis yang biasa jalan cepat di sisi kanan. Jadinya ya sering tabrakan,” ucapnya sambil terkekeh.

Bordeaux, Prancis
 Iklim musim semi yang cukup bersahabat membuat Voca Erudita semakin betah di Prancis. Menurut Tiwi, sejumlah personelnya bahkan berencana melanjutkan kuliah di sana. “Pokoknya perjalanan ini lebih dari sekadar pentas. Banyak pengalaman dan kesempatan yang kami raih,” kata Tiwi sembari menyebut tujuh personelnya yang terancam batal berangkat karena keterlambatan visa.
 
Kisah dongeng Voca Erudita pun berakhir di Paris. Sabtu (2/6) pagi, rombongan Voca Erudita harus bertolak dari Bandara Charles de Gaulle Paris menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Meski singkat, perjalanan Voca Erudita sukses mengenalkan UNS, Solo, dan Indonesia di mata dunia.

Hmm..menyenangkan banget ya kawan. Selain bisa  mengunjungi Prancis, Voca Erudita juga sukses mengenalkan UNS, Solo, dan Indonesia di mata dunia. Chukkahaeyo yak teman-teman. Semoga kedepannya bisa lebih sukses lagi!! ^^

Sumber referensi : SOLOPOS, 8 Juni 2012 hal. 12 dengan sedikit perubahan.

By: Halimah Rosyidah (D1810038)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar