RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Resensi Film 1001 Inventions and The Library of Secret




Sinopsis Film 1001 Inventions and The Library of Secret

Sebuah film pendek tentang warisan ilmiah dari peradaban Islam telah memenangkan serangkaian penghargaan internasional.
1001 Inventions and The Library of Secrets, dibintangi legenda layar lebar pemenang Oscar, Sir Ben Kingsley, memenangkan empat penghargaan di International Visual Communications Association (IVCA), upacara diadakan di London.
Hakim memuji film pendek itu dengan mengatakan “memiliki kelas tersendiri” dengan memberikan film itu empat penghargaan bergengsi untuk film pendidikan terbaik, untuk fotografi terbaik, untuk drama terbaik dan untuk musik asli terbaik.
Film ini diproduksi oleh Foundation for Science Technology and Civilisation (FSTC) dan The Edge Picture Company  sebagai film pengantar untuk pameran 1001 Penemuan yang diluncurkan di London’s Science Museum pada bulan Januari 2010. Digambarkan oleh para kritikus sebagai pameran baru London yang paling berhasil, menerima lebih dari 100.000 pengunjung di minggu pembukaannya.
Pameran tengara itu, disponsori oleh Yayasan Jameel, telah terbukti begitu populer dengan pengunjung sehingga residensinya di museum yang telah diperpanjang dua bulan sampai musim panas dan direktur museum, Prof Chris Rapley, menggambarkan atraksi terbaru mereka sebagai “blockbuster”.
Dalam film itu digambarkan sekelompok anak sekolah  melakukan perjalanan studi lapangan ke sebuah perpustakaan tua berdebu setelah guru mereka menantang mereka untuk melakukan penelitian pada era yang dikenal sebagai peradaban “Masa Kegelapan”, sebuah tugas yang mereka benci sampai mereka bertemu seorang pustakawan misterius (Kinglsey) yang membawa mereka dalam suatu perjalanan ke masa lalu untuk mengungkap seribu tahun keunggulan ilmiah dan budaya yang terjadi di luar Eropa Barat antara abad ke-7 dan 17. Film ini juga dibintangi tiga aktor muda yang sedang menanjak: Courtney George, Rhiann Connor dan James Holly.
“Saya memainkan karakter yang cukup sarkastis yang bernama  Luke yang tidak benar-benar ingin belajar Abad Kegelapan karena kedengarannya membosankan,” kata Rhiann.
“Dan ketika Sir Ben pertama bertemu dengannya mereka jelas tidak akur. Jadi, ada sedikit percikan Sedikit ada ketegangan. Dan itu yang membuat pengalaman berakting menjadi sangat menyenangkan dan menarik.”
Produser eksekutif Film itu, Prof Salim Al-Hassani, mengatakan: “Kami beruntung untuk mendapatkan pemain semenakjubkan itu untuk film kami, dan sekarang sulit membayangkan orang lain bisa memainkan peran itu. Hubungan chemistry antara aktor sangat luar biasa.”
    “Mereka tampak seperti mereka benar-benar menikmati diri mereka sendiri dalam membawa kehidupan sejarah 1000 tahun, yang kurang dihargai Dan popularitas pameran Penemuan 1001 setuju dengan akting dan bakat luar biasa yang terlibat dalam produksi film Library of Secrets . The Edge Picture Company, yang menghasilkan film untuk kita, telah mencapai sesuatu yang luar biasa sebagai hasilnya. “
Film 1001 Penemuan dan Perpustakaan Rahasia dapat dilihat sebagai bagian dari pameran Penemuan 1001 di London’s Science Museum.


Perpustakaan Dan Tantangan Membangun Masyarakat Di Era Global

            Bangsa yang maju adalah bangsa yang berbudaya. Tidak disangkal lagi bahwa, bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan aneka ragam budaya yang mengagumkan. Akan tetapi, budaya luhur yang telah diwariskan itu seperti habis ditelan roda zaman peradaban, salah satu penyebabnya adalah karena generasi penerusnya tidak gemar membaca dan mempelajari sejarah.
Oleh karena itu, salah satu cara untuk mempertahankan budaya luhur bangsa adalah dengan melahirkan generasi senang baca. Ada semacam hubungan yang kuat antara bangsa yang maju dengan tingginya minat baca. Artinya semakin tinggi kebiasaan membaca masyarakatnya maka semakin maju pula bangsanya.
Terkait dengan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar, dalam kacamata pendidikan peranannya cukup penting.  Karena proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif jika sumber belajarnya tersedia. Melalui perpustakaan dengan sumber-sumber informasi yang ada di dalamnya dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan outputnya kelak.


Referensi Video dari: http://www.youtube.com/watch?v=2JSqQa4BWUE&feature=player_embedded ( minggu, 8 April 2012, 10:50)

Oleh: Halimah Rosyidah (D1810038)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

News Information mengatakan...

pengen nonton filemnya gan. .hubungn film ini dengan perpustakaan modern apa??

Librarian Blog mengatakan...

wow.. keren filmnya..

Posting Komentar