RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

SEARCH ENGINE vs PERAN PUSTAKAWAN !!


Apa sih SEARCH ENGINE itu ?



Search engine merupakan sebuah program komputer untuk mencari berkas yang tersimpan dalam suatu jaringan. Di era globalisasi sekarang ini , mungkin banyak orang lebih berfikir untuk menggunakan search engine , dengan adanya search engine kegiatan pencarian informasi secara instan akan lebih cepat dan mudah , fasilitas internet ini menyediakan berbagai macam pengetahuan yang ingin untuk kita ketahui, dari sekedar membaca segala informasi, baik berupa gambar , text , video maupun informasi apa yang ingin kita diketahui.
Melalui search engine kita dapat memperoleh segala informasi tersebut hanya dengan mengetik kata-kata kunci, dan tarraaaa .. cling !! semua informasi yang kita perlukan pun akan kita dapat kita peroleh.
Hal inilah yang dilihat cukup memprihatinkan bila disandingkan dengan kehidupan perpustakaan bekerja secara manual untuk memperoleh informasi yang diperlukan.

Lalu bagaimana dengan peran para pustakawan dalam menyampaikan informasi ?



Karena informasi dari search engine dianggap lebih relevan daripada informasi dari para pustakawan , tentu kita berfikir para pustakawan akan merasa tergeser dengan adanya search engine. Namun menurut saya itu tidak benar , karena walau search engine sekiranya dianggap lebih bermanfaat dan membantu , para pustakawan sendiri tetap berperan penting dalam proses penyampaian informasi kepada masyarakat.
Walaupun praktis , tapi kita tidak boleh melupakan bahwa search engine adalah sebuah “mesin” pencari yang isi didalamnya juga diisi oleh para manusia yang memiliki sumber-sumber informasi , jadi search engine lebih cepet membantu kita dapetkan info, tapi tidak bisa jadi sumber ilmiah.
Memang kalo dari segi keefisien waktu mending search engine , karna tinggal ketik kata kunci akan langsung keluar banyak hasil dan tinggal kita pilih mana yang sesuai dengan tugas kita. Tapi dari segi  kualitas alangkah lebih baiknya mencari diperpustakaan karena lebih valid dan terpercaya.
Jadi menurut saya search engine tidak akan menggeser pustakawan selama pustakawan tersebut juga mampu mengikuti perkembangan informasi yang terjadi (tidak gaptek). Semoga bisa diterima pendapat saya .. silahkan komentar :))



YUNINDA EKA PURNAMASARI (D1810106)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar