RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Perbandingan Google dengan Ask.com


Perbandingan Google dengan Ask.com
Google merupakan mesin pencari yang tak tertandingi karena hasil pencariannya yang begitu efisien dan penggunaannya yang tidak terlalu menyesatkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa untuk menggunakan google semudah mengeklik mouse anda. Dalam beberapa waktu terakhir, Google telah mendapat gelar peringkat mesin pencari no. 1 di internet secara konsisten. Hal ini dikarenakan akurasi hasil pencarian yang diberikan oleh google. 
Sejak berdirinya hingga saat ini, google selalu berusaha untuk mengembangkan sayapnya dengan berbagai cara, termasuk akuisisi beberapa website ternama, sebut saja:
a.       You tube.
Sebuah situs web video sharing paling popular saat ini. Para pengguna dapat membuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.
b.      Blogger.
Sebuah system publikasi blog yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.

Kelebihan:
a.       Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
b.       lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
c.        Tampilan yang sederhana.
d.     Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
e.       Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan:
a.   Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
b.       Filter pencariannya terkadang langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.







 Ask.com adalah mesin pencarian yang bersifat crawler-based yaitu suatu bentuk dasar atau basis dari sebuah mesin pencari yang gunanya untuk mencari konten – konten baru yang sebelumnya tidak ditemukan kemudian mendaftarkannya secara otomatis dalam list halamannya. Hal ini diperoleh dengan mencocokkan kata kunci dengan data-data yang tersimpan dalam database. Dengan teknik ini, ask.com dapat memperbaharui informasi yang tersimpan di dalam databasenya. Situs yang satu ini sangat cocok untuk kita yang senang mencari informasi detil mengenai sesuatu. Cara kerjanya hamper mirip dengan google. Ketika menggunakan Ask maka algoritma pada mesin pencari tersebut segera bekerja dan mencoba memberi jawaban pada halaman hasil. Menariknya disini Ask juga menampilkan link lain yang masih mempunyai hubungan relevan. Cara kerja Ask.com dengan mesin pencari nomer wahid, google tidak jauh berbeda untuk menggunakannya pemakai tinggal memasukkan pertanyaan, kemudian klik search, maka pada halaman hasil sebelah kanan kita akan menemukan sederetan hasil pencarian yang masih memiliki kaitan dengan pencarian utama. Data tersebut juga dilengkapi dengan link yang akan mengantar kita menuju jawaban yang relevan. Disini Ask didesain menyerupai google, dilengkapi pula dengan beberapa tab yang akan dikategorikan menjadi web, images, news, dll.
Kelebihan:
a.       Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan.
c.        Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti

Kelemahan:
a.    Databasenya kecil.
b.    Fitur kurang lengkap.
c.    Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata.
d.    Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil.
e.    Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.





Kesimpulan:
Menurut kami search engine yang bagus tetap google karena sudah mendapatkan banyak pengakuan dari dunia internasional dan yang terpenting adalah pengakuan dari pengguna mesin penelusur informasi itu sendiri. 

Sumber: 
Buku 10 Mesin Pencari Paling Dasyat ( Anhari & Java Creativity )


Oleh:
Halimah           (D1810038)
Siti Chusnul     (D1810092)
Sri Maeny P.R (D1810094)
Yeni Ega P      (D1810104)
Yuninda Eka P (D1810106)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar