RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

KEBERADAAN SEARCH ENGINE DAN PERAN PUSTAKAWAN

KEBERADAAN SEARCH ENGINE DAN PERAN PUSTAKAWAN

Apakah keberadaan search engine mengancam/menggeser tugas seorang pustakawan? Menurut saya itu hanya dugaan saja yang tidak harus dikhawatirkan oleh seorang pustakawan. Di era informasi ini memang semua sudah ditutut lebih cepat dan praktis. Tugas dari guru/dosen yang diberikan atau bahkan pencarian-pencarian yang dibutuhkan, kebanyakan lebih mengandalkan adanya fasilitas praktis yang diberikan oleh mensin pencari atau yang disebut search engine. Karena memang kenyataannya seperti itu dimana orang cenderung memilih yang praktis dan mudah. Yang dikatakan search engine ini yaitu sebuah mesin pencari yang berisi data-data atau informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet. Contoh search engine yang terkenal yaitu Goole, Bing, Altavista, Yahoo dll.
Didalam mesin pencari kita hanya memasukkan kata kunci yang dibutuhkan dan setelah itu semua akan muncul. Dan kegiatan ini tidak harus capek-capek mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan tersebut. Namun ada juga poin kekurangan dari search engine ini salah satunya yaitu data atau informasi yang didapat belum tentu keakuratannya.
Beda halnya jika kita pergi keperpustakaan yang sudah jelas sumber informasi. Diperpustakaan kita bisa mencari informasi yang kita inginkan jika ada kesulitan dalam pencarian, didalamnya sudah ada petugas yang bernama pustakawan tersebut yang siap memantu kita.
Dengan  adanya era informasi dan teknologi ini, seorang pustakawan juga harus bisa lebih meng-update keterampilannya. Yang dimaksud update disini yaitu lebih menguasai IT  yang semakin menuntut kita untuk slalu mengenal lebih. Menurut saya tugas seorang pustakawan tidak akan tergantikan, karna memang keahlian khusus dalam dunia perpustakaan masih sangat dibutuhkan. Karna yang mengenal seluk beluk perpustakaan adalah pustakawan yang mengelola dari awal. Tidak hanya itu saja, seorang pustakawan juga harus lebih ramah, sopan, cepat, tepat, kreatif dan inovatif dalam hal pelayanan. Dan juga kelebihan mesin pencari yang lebih praktis ini diharapkan dapat membantu tugas dari seorang pustakawan dalam pelayanannya. Jadi, bukan search engine yang akan menggeser peran pustakawan namun lebih keberadaan search engine yang akan memabantu tugas seorang pustakawan dalam melayani pengunjung perpustakan. 

Oleh: Siti Chusnul Chotimah (D1810092)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar