RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Akankah Search Engine Menggerser Keberadaan Pustakawan?

SEARCH ENGINE VS FIND ENGINE

 


 
Ada beberapa fungsi perpustakaan, yaitu:

1. Fungsi rekreasi
2. Fungsi informasi dan penelitian
3. Fungsi pendidikan
4. Fungsi kebudayaan
5. Fungsi deposit dan pelestarian.

Dalam fungsi informasi dan penelitian maka perpustakaan dapat menyediakan berbagai macam bahan pustaka yang dapat memenuhi kebutuhan informasi pemakai. Perpustakaan juga dapat menyediakan layanan yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi dan penelitian seperti layanan referens, penelusuran literatur, current content, paket informasi, SDI (Selective Dissemination of Information), dan sebagainya.
Oleh karena itu, meskipun sekarang telah muncul teknologi internet, termasuk Search Engine, keberadaan perpustakaan dan pustakawan tidak akan tergeser. Karena memang fungsi perpustakaan dan pustakawan juga sebagai penyedia dan pengelola informasi baik berupa buku tercetak maupun koleksi digital.
Tidak semua orang menguasai penggunaan Search Engine, apalagi yang sudah termasuk dalam pencarian tahap lanjut, jadi disinilah peran perpustakaan dan pustakawan dibutuhkan. Yaitu sebagai pengelola informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
Jadi, dengan kemampuan penguasaan TI dan teknologi internet, pustakawan akan tetap bisa mempertahankan keberadaannya walaupun berbagai teknologi telah bermunculan. Oleh karena itu, mari tingkatkan kemampuan pustakawan agar bisa menguasai teknologi internet dan penelusuran informasi sehingga keberadaannya tetap diakui dan tidak di pandang sebelah mata.

By: Halimah Rosyidah (D1810038)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar