RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Menjadi JENIUS Seperti Leonardo Da Vinci



Menjadi JENIUS Seperti Leonardo Da Vinci

Hai Kawan Pustakawan gimana kabarnya nih ?? pasti baik-baik donk Kawan Pustakawan kali ini admin mau share buku bacaan yang bagus nih., kemarin admin jalan-jalan ke UPT Perpustakaan Pusat nih Kawan Pustakawan ehh mata admin langsung tertuju pada satu buku nih Kawan Pustakawan. Dari judulnya sih ya keren juga bikin penasaran isinya gitu., mau tau gak judulnya?? Mau atau gak mau tau admin tetep mau ngasih tau Kawan Pustakawan semua  hehehehe kok admin jadi maksa gini ya.,^_^,.

Buku yang menarik perhatian admin itu judulnya adalah jreng.,jreng.,jreng…….. “Menjadi JENIUS Seperti Leonardo Da Vinci” karya dari “Michael J.Gelb”. menurut pendapat admin nih ya yang udah baca buku ini Kawan Pustakawan. Dalam buku ini kelihatan banget kalau si penulis yaitu Mr. Michael J.Gelb ini begitu mengagumi sang maestro Leonardo Da Vinci ini terlihat dari tulisannya yang begitu mendetil menjelaskan tentang sang maestro Leonardo Da Vinci. Dalam buku ini dituliskan bahwa dalam buku The Book of Genius, Tony Buzan dan Raymond Keens untuk pertama kalinya di dunia memperingkatkan jenius-jenius terbesar dalam sejarah. Sambil menilai tokoh-tokohnya menurut berbagai kategori termasuk: Orisinalitas, Versatilitas, Dominasi dalam Bidang yang Digeluti, Universalitas Visi, Kekuatan dan Energi. Mereka menyajikan daftar peringkat sebagai berikut:

                   10. Albert Einstein
9. Phidias (arsitek Athena)
8. Alexander Yang Agung
7. Thomas Jefferson
6. Sir Isaac Newton
5. Michelangelo
4. Johann Wolfgang Von Goethe
3. Para Pembangun Piramida Mesir
2. William Shakespeare
1. Leonardo Da Vinci.

Gimana nih Kawan Pustakawan ternyata yang menduduki jenius nomer satu tidak lain dan tidak bukan siapa lagi yaitu sang maestro Leonardo Da Vinci. Kalau admin sih enggak kaget-kaget banget ya kalau Mr. Da Vinci ini yang dapet peringkat satu secara Mr. Da Vinci ini adalah penemu, arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia dan Leonardo Da Vinci kerap digambarkan sebagai seorang jenius universal. 
Da Vinci juga dikenal sebagai ilmuwan karna banyak ide dan gagasannya yang kimi baru tercipta seperti tank, mobil, kapal selam dan pesawat terbang. Namun ide Da vinci sebagian besar hanya tertuang lewat sketsa dan lukisan. Namun, ide-ide tersebut turut menyumbangkan kemajuan teknologi modern. Maka dari itu admin gak heran kalau sang maestro yang satu ini yang bakalan menduduki peringkat pertama orang jenius didunia.

Menurut admin nih ya Kawan Pustakawan buku ini begitu menginspirasi, dalam buku ini di jelaskan mengenai tujuh prinsip Da Vinci seperti:

1.    Curiosita
Yaitu pendekatan rasa ingin tahu yang tak terpuaskan terhadap kehidupan dan upaya tak kenal lelah untuk belajar terus. --Leonardo Da Vinci mengungkapakan “ Hasrat untuk mengetahui adalah wajar bagi orang-orang yang benar”--.

2.    Dimostrazione
Yaitu komitmen untuk menguji pengetahuan melalui pengalaman, keuletan, dan, kesediaan untuk belajar dari kesalahan. -- Leonardo Da Vinci mengungkapakan “ Semua pengetahuan kita berasal dari persepsi kita ”--.

3.    Sensazione
Yaitu penghalusan pancaindra secara terus-menerus, terutama penglihatan, sebagai sarana menghidupkan pengalaman-- Leonardo Da Vinci mengungkapakan“idea tau kemampuan berimajinasi itu berfungsi sebagai kemudi sekaligus tali kekang bagi panca indra, sejauh hal yang dibayangkan indra tersebut”—

4.    Sfumato
Yaitu secara harfiah hilang tak berbekas, menjadi tak pasti, kesediaan untuk merangkul ambiguitas, paradox, dan ketidakpastian.

5.    Artel / Scienza
Yaitu perkembangan keseimbangan antara ilmu dan seni, logika dan imajinasi atau pemikiran “Whole-Brain”. -- Leonardo Da Vinci mengungkapakan “pelajarilah ilmu seni dan seni ilmu”--.

6.    Corporalita
Yaitu pemupukan keanggunan, ketrampilan dua-tangan, kebugaran, dan sikap tubuh yang benar.

7.    Connessione
Yaitu pengakuan dan penghargaan terhadap keterhubungan segala sesuatu dan fenomena ( pemkiran secara system ).

Kalau mau tau lebih banyak lagi mengenai sang maestro Mr.Leonardo Da Vinci baca aja sendiri buku “Menjadi JENIUS Seperti Leonardo Da Vinci”dalam buku itu banyak tertulis bagaiman sang maestro menjalani kehidupanya, menuangkan ide-ide jeniusnya, cara-cara menjadi orang yang tidak puas akan ilmu pengetahuan, dan tentunya karya-karya apa saja dari sang maestro berikut temuan-temuan dan potongan-potongan catatan-catatan sang maestro mengenai ide-ide brilian yang tidak akan kita duga pada masa itu seorang Leonardo Da Vinci sudah memikirkan sejauh itu tentang banyak hal seperti pesawat, obat-obatan, dll. Untuk akhir dari postingan hari ni admin selipkan kata-kata indah dari penyair hebat yaitu “Sir Stephen Spender”syair aslinya sih dalam bahasa inggris tp admin tulis dalam bahasa Indonesia aj ya Kawan Pustakawan kan admin cinta Indonesia hehehe .^_^.



Aku Tak Habis-Habisnya Berpikir Tentang Orang-Orang Yang
Sungguh-Sungguh Agung

Aku tak henti-hentinya berfikir tentang orang-orang yang sungguh-sungguh agung.
Yang sejak dari rahim, mengingat riwayat jiwa.
Menempuh lorong cahaya yang diterangi matahari, tak berkesudahan dan bernyanyi-nyanyi.
Yang ambisinya sungguh indah, bibir merekah, yang disentuh api,
Akankah menceritakan tentang jiwa yang berselimutkan kidung. Dan yang menimbun dari cabang-cabang mata air. Hasrat-hasrat yang berjatuhan menimpa tubuh mereka seperti bebungaan.
Apa yang berharga itu tidak pernah melupakan lezatnya darah yang diambil dari mata air abadi.
Yang menembus batu-batuan di dunia dalam bumi kita.
Jangan pernah menyangkal kenikmatannya dalam cahaya pagi, ataupun permintaanya akan cintanya yang mendesak pada petang hari. Jangan pernah membiarkan lalu lintas mencekik juiwa yang berkembang dengan bunyi-bunyian dan asap.
Dekat salju, dekat matahari, di lading yang paling tinggi, lihatlah bagaimana nama-nama itu dijamu oleh rumput yang bergoyang, dan oleh aliran awan putih, dan bisikan-bisikan angin di langit yang mendengarkan nama-nama orang yang dalam hidup mereka berjuang dalam kehidupan,
Yang mengenakan inti api dalam hati mereka.
Dan meninggalkan udara yang menggelora yang tertandai oleh kehormatan mereka.

Oleh: Sri Maeny Puspita Risdhi_D1810094


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

perpustakaan mengatakan...

pak habibi ga masuk list bro?hahaha

Kawan Pustakawan mengatakan...

waduh sory bro pak habibi gk tertulis dalam 10 orang jenius didunia menurut Tony Buzan dan Raymond Keens., mungkin dalam konteks lain termasuk bro., lagian ini topik bahasannya yang ada dibuku menjai jenius seperti Leonardo Da Vinci., jadi ini lebih mengkhususkan seluk beluk tentang buku ini bro., mungkin dalam postingan berikutnya admin bakal bahas tentang bapak ilmu pengetahuan kita itu Bro,, so pantau terus y kawan pustakawan ( CinGu ) ^_^

Anonim mengatakan...

kalo lo mau masukin habibi .doi terlebih dahulu harus melampaui WRIGHT BROTHER. doi levelnya jauh brooo

Posting Komentar