RSS

"Welcome to Kawan Pustakawan Blog... Selamat menikmati postingan kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa TINGGALKAN KOMENTAR 'N JOIN THIS BLOG ya Kawan Pustakawan. Ghamsa Hamnida ^.^ "

Mesin Pencari / Penelusuran Informasi


Mesin Pencari / Penelusuran Informasi

Ada beberapa mesin pencari untuk memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang dibutuhkan seperti:
1.       Google Search
Yaitu: Google merupakan mesin pencari yang tak tertandingi karena hasil pencariannya yang begitu efisien dan penggunaannya yang tidak terlalu menyesatkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa untuk menggunakan google semudah mengeklik mouse anda.
Sejak berdirinya hingga saat ini, google selalu berusaha untuk mengembangkan sayapnya dengan berbagai cara, termasuk akuisisi beberapa website ternama, sebut saja:
a.       You tube.
Sebuah situs web video sharing paling popular saat ini. Para pengguna dapat membuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.
b.      Blogger.
Sebuah system publikasi blog yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.


2.       Yahoo!
Yahoo! Merupakan sebuah portal web popular yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! . Yahoo! Merupakan salah satu search engine yang sangat mutakhir jika dibandingkan dengan Google, dan search engine lainnya.untuk itulah Yahoo! Selalu memberikan sesuatu yang baru demi memenangkan persaingan yang semakin ketat. Misalnya jika Google mempunyai Google Talk, maka Yahoo! Mempunyai layanan messenger dengan nama Yahoo! Messenger yang merupakan top download software dan pernah menduduki peringkat 1 software yang terbanyak di-download di dunia.

3.       Bing
Bing merupakan sebuah mesin pencari yang diluncurkan pada 3 Juni 2009 oleh Microsoft yang merupakan gabungan dari Live search, Windows Live search, dan MSN search. Pada tanggal 29 Juli 2009 Yahoo! Dan Microsoft membuat kesepakatan untuk menggabungkan Yahoo! Search dengan Bing. Sebelum menjadi Bing, Microsoft telah beberapa kali meluncurkan search engine yang terus mengalami perkembangan dan pembaharuan. Search engine itu adalah:
a.       MSN Search
MSN Search engine pertama yang dibuat oleh pihak Microsoft pada tahun 1998. Hasil pencarian pada MSN Search adalah gabungan dari Looksmart dan Inktomi. Namun setelah itu Microsoft menggunakan index pencariannya sendiri yang selalu di-update tiap minggu bahkan tiap harinya.
b.      Windows Live Search
Windows ini keluar untuk menggantikan MSN Search pada versi beta 8 Maret 2006 dan versi stable pada 11 september 2006. Pada search engine ini terdapat beberapa perubahan besar seperti adanya search tab yang mencakup Web, News, Images, Dekstop, Local, dan Microsoft Encarta.
c.       Live Search
Pada tanggal 21 Maret 2007, Microsoft mengumumkan telah dibentuk sebuah search engine baru yang beda namun masih terintegrasi dengan Windows Live Search. Selanjutnya Microsoft mengembangkan sebuah search engine baru dengan nama yang beda dengan sebelumnya, yaitu Bing.com yang dirilis pada 3 Juni 2009. Bing.com menyediakan beberapa fitur baru yang tak dimiliki oleh pendahulunya ataupun search engine lainnya seperti: Web Search, Image Search, Video Search,Bing Translator, dll.

4.       Altavista
Altavista merupakan search engine yang dikembangkan oleh Yahoo!. Pertama kali diluncurkan tanggal 15 Desember 1994 dengan alamat Altavista.com. selain melalui web, Altavista juga menyediakan sebuah fasilitas bagi penggunanya berupa toolbar yang sangat membantu saat melakukan pencarian serta Babel Fish, yaitu sebuah teks dan web translator dibawah naungan Yahoo!.

5.       Ask.com
Pada prinsipnya Aks.com dibuat untuk memberi jawaban pertanyaan harian yang keluar setiap harinya. Sejak peluncuran pertamanya, Ask sudah mengalami banyak perubahan, seperti tanggal 25 Juni 2007 Ask meluncurkan versi terbarunya dalam bentuk 3D. seperti search engine lainnya, Ask.com juga mempunyai standar sendiri dalam pencariannya. Beberapa jenis pencarian yang dapat anda lakukan dengan Ask.com yakni seperti Web, Gambar, Video, Berita, dll.

6.       Craagle
Craagle merupakan sebuah hacking tool yang dikhususkan sebagai mesin pencari crack dan serial number, serta cofer sebuah software. Cara kerja craagle sebenarnya sangat sederhana, ketika anda memasukan sebuah keyword, maka craagle akan mencari pada database beberapa website penyedia crack dan serial number, kemudian menampilkannya pada GUI Craagle.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

10 komentar:

penelusuran informasi mengatakan...

ini gak dijelasin keuntungan mbi kerugian dari info ini ya??

yaaa semoga bermanfaat :)

Kawan Pustakawan mengatakan...

enggak itu say.,
tunggu sisen keduanya ya??
oya mau promo juga kunjingi juga www.maenyrisdhi.blogspot.com
ya., terimakasih ^_^

Anonim mengatakan...

suksess y..

Dian Kusumawati mengatakan...

sejarah dalam penelusuran informasi itu sendiri bagaimana???

dan juga perbedaan antara mesin yang satu dengan yang lainya itu apa saja???

Semoga blog ini bisa bermanfaat bagi para pustakawa... ^_^

Anonim mengatakan...

bagus tingkatkan...

Kawan Pustakawan mengatakan...

buat Anonim terimakasih., pantau terus ya?? and pakai nama donk

Kawan Pustakawan mengatakan...

tunggu yang sisen kedua ya say, jawabanya and ikuti terus ya? selalu ditunggu masukannya.

griyabukuku mengatakan...

Bagus...siiippp....
Semoga bermanfaat...
ditunggu postingan berikutnya....

Kawan Pustakawan mengatakan...

Siap kawan jangan lupa ikuti terus ya...
and jangan lupa masukan dan komentarnya
ditunggu terus lho.,

Anonim mengatakan...

gah ah, njuk ikane dong, keliatane enak tu klo di bakar!

Posting Komentar